Monday 17 March 2014

Shampo 2 in 1, baik atau buruk???

Praktis, gampang, cepet dan murah boleh, tapi yakin gak hasilnya optimal?
Kali ini aku akan sedikit bahas tentang produk perawatan yang paling umum, yaitu shampo. Ini sekalian review materi kuliah kosmetologi yang aku dapet tadi pagi ^^
Sekarang banyak sekali ditawarkan produk shampo di pasaran dengan berbagai keunggulan, salah satunya yang paling umum adalah shampo 2 in 1. Mungkin sebagian besar sudah tau maksud dari 2 in 1 itu sendiri apa. Nah bagi yang belum tau ni, jadi shampoo 2 in 1 itu maksudnya di dalam formula shampoo itu sendiri sudah ditambahkan conditioner (pelembut). Jadi ketika kita keramas menggunakan shampoo itu sendiri, kita gak perlu lagi menggunakan conditioner yang terpisah. Tapi sebenarnya ada gak sih kerugian dari shampoo yang sudah mengandung conditioner itu, selain keuntungannya yang praktis dan mudah digunakan tentunya. Mari kita lihat...
Kembali ke fungsi shampoo itu sendiri, sebenarnya apa sih? Tujuan penggunaan shampoo tentu saja untuk membersihkan rambut kita dari kotoran-kotoran dan lemak yang menempel pada rambut. Lalu apa fungsi dari conditioner itu? Conditioner berfungsi melembabkan rambut dengan menggantikan lemak alami yang ikut tercuci ketika keramas dengan shampo. Lemak dengan kadar rendah dari conditioner akan menjaga rambut dari kekeringan setelah keramas. Selain itu conditioner juga membantu merapikan kutikula rambut, sehingga rambut menjadi mudah diatur. Lalu apa yang terjadi ketika shampo dan conditioner dijadikan satu?
  1. Shampo dan conditioner memerlukan waktu yang berbeda untuk kontak dengan rambut. Shampo yang terlalu lama kontak dengan rambut akan menyebabkan rambut menjadi kering, terutama jika shampo tersebut memiliki kadar detergen yang tinggi. Sedangkan conditioner membutuhkan waktu kontak dengan permukaan rambut yang lebih lama dibandingkan shampo agar lemak yang terkadung dalam conditioner dapat melapisi rambut dengan baik.jika keduanya digunakan bersama tentu saja hasilnya tidak optimal.
  2. Conditioner yang digunakan bersama dengan shampo justru akan ikut tercuci oleh shampo itu sendiri, sehingga tidak dapat melembabkan rambut dengan baik.
  3. Jika shampo dan conditioner digunakan bersama, berarti conditioner akan mengenai rambut dan kulit kepala. Padahal penggunaan conditioner yang benar adalah hanya tidak boleh mengenai kulit kepala. Conditioner yang mengenai kulit kepala justru akan membuat kulit kepala yang berketombe dan rambut menjadi lepek dan tidak bervolume.

So sebaiknya gunakan conditioner yang terpisah dengan shampo. Walaupun harus sedikit repot, yang penting manfaat yang diperoleh maksimal kan?
Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment